cracking FS dan FB

Posted: May 25, 2009 in Hacking, Uncategorized

Facebook akhir-akhir ini mulai digandrungi oleh kaula muda. Entah mengapa semakin banyak yang beralih ke FaceBook, mungkin karena fasilitas di FaceBook lebih lengkap, atau mungkin juga karena faktor keamanan account di situs-situs pertemanan lainnya seperti friendster yang sangat mudah untuk di hack.


Mungkin sebagian orang beranggapan FaceBook lebih aman daripada Friendster, tidak juga, karena pada dasarnya setiap website pasti mempunyai celah, namun semua itu tergantung pihak pembangun website tersebut cepat menaggapi atau tidak. Jika begitu ditemukan lubang baru segera di tutup, saya rasa tidak seberapa masalah. Yang penting memang pemeliharaannya.

Jika anda sering membaca majalah atau situs atau forum yang membicarakan pencurian data maka anda biasanya anda akan diingatkan agar tidak menerima friend request dari orang yang tidak anda kenal atau mencurigakan, karena dengan menjadi teman facebook kita maka data2 kita akan dapat terlihat mereka namun hal itu tidak berlaku sekarang. Karena mereka mempunyai trik baru.

Trik barunya adalah menggunakan teman anda. Jadi sang pencuri akan semirip mungkin dengan profile teman anda, dan mengajukan request sebagai teman anda. Dan tentu saja disini anda tidak akan curiga sedikitpun kalau sebenarnya dia bukan teman anda. Dan anda akan dengan senang hati melakukan approve untuk semua permintaan dia. Lalu bagaimana cara mereka mendapatkan data teman anda ? Mereka melihat teman anda melalui profile yang anda miliki, lalu menconteknya habis-habisan. Bisa saja dengan mengatakan bahwa itu account barunya, atau bisa juga dia mengatakan kalau accountnya yang lama dicuri, atau mungkin juga dia tidak mengatakan apa-apa karena anda juga pasti tidak ingat siapa saja teman anda di FaceBook.

Metode ini kurang populer di kalangan hacker friendster, tapi Friendster sangat mungkin sekali kecurian dengan metode seperti ini.

Mungkin langkah preventif yang harus diambil oleh Friendster, FaceBook, dan MySpace adalah mendeteksi adanya duplicate content. Jadi kalau ada profile yang kembar tidak akan disetujui.

Sedangkan untuk pengguna, hanya bisa berhati-hati saja. Jika ingin aman tanyakan pertanyaan pribadi yang bisa dijawab hanya oleh teman anda.

Kalau bagi saya FaceBook hanya sekedar identitas saja, meksipun dicuri gak seberapa peduli, karena selain password setiap accountku berbeda semua dan unik, kalaupun disalah gunakan teman-temanku pasti sudah tau sifatku sehingga dia juga pasti sudah tau kalau aku tidak mungkin mengirim yang aneh-aneh.

So, kalau account anda dicuri, jangan terlalu diambil hati, toh fungsi website itu kan sebenarnya untuk hiburan, jadi kenapa malah membuat anda stress ? Selain itu kalaupun dijual tidak akan laku, kecuali kalau anda merupakan orang terkenal.

Comments
  1. blz says:

    very cool….

  2. goen says:

    wah bahaya nech yang suka main facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s